• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI

NPSN : 10504626

Jl.H.Kamil RT.21 Kel.Pasir Putih Kec. Jambi Selatan Kota Jambi


info@smpn6kotajambi.sch.id

TLP :


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 35058
Pengunjung : 17959
Hari ini : 2
Hits hari ini : 11
Member Online : 0
IP : 3.235.173.74
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Belajar Mantap? Ada kiatnya loh...




Belajar Mantap? Ada kiatnya loh...

(Mengembangkan keterampilan belajar yang efektif dan efisien)

Hafrizani, S.Pd

 

Salam jumpa... Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan bagi yang kurang sehat, semoga segera sembuh. Amiin...

Sebelum kita memulai kegiatan, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu, agar informasi yang bermanfaat dari apa yang kita dengar, baca,  dan lihat, dapat mudah kita pahami dan terapkan pula dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kata “belajar” sudah tak asing lagi ditelinga. Apalagi bagi seorang remaja pelajar. Baik di rumah maupun di sekolah, jumlah kemunculan kata “belajar” yang didengar lebih banyak dibandingkan kata lain. Ada sebagian remaja pelajar yang senang ketika mendengarnya, ada pula yang setengah senang, dimana raut muka tersenyum namun dalam hati bersungut-sungut, dan lebih parahnya lagi adapula remaja yang pura-pura tuli saat muncul kata belajar.

Perbedaan demikian salah satunya disebabkan oleh keterampilan belajar seorang pelajar. Karena keterampilan belajar tersebut merupakan keahlian yang didapatkan (acquired skill) oleh seorang pelajar melalui proses latihan yang kontinyu dan mencakup aspek optimalisasi cara-cara belajar baik dalam ranah pengetahuan, sikap ataupun ketrampilan.1

Untuk itu berikut ini  akan dipaparkan kiat dalam belajar agar belajar menjadi menyenangkan, efektif dan efisien.

 

1. Manajemen waktu belajar.

Bagi seorang pelajar, mengatur waktu tidak berarti ia harus menghabiskan waktunya hanya untuk belajar. Seorang pelajar tetap membutuhkan waktu untuk bersosialisasi, bersantai, dan sebagainya. Prinsip utama dari pengelolaan waktu secara efektif adalah pembagian waktu untuk setiap kegiatan. Bagaimana pun juga, waktu untuk beristirahat tidak dapat diabaikan. Ini merupakan hak setiap manusia. Tubuh dan jiwa seseorang akan letih jika diforsir terus-menerus. Sama seperti baterai yang jika dipakai terus-menerus akan kehabisan daya kekuatannya.

Walau begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa bagi seorang pelajar, sebagian besar waktunya akan habis digunakan untuk belajar. Waktu untuk belajar tersebut terbagi antara waktu belajar di sekolah dan di luar sekolah.

Kegiatan belajar di sekolah dilakukan sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditentukan. Namun, proses belajarnya tidak berhenti sampai di situ. Tugas dan mengulang pelajaran di luar sekolah diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Kegiatan ini dapat dilakukan di rumah, tempat bimbingan belajar, dan lainnya.

Selain belajar, di rumah, seorang anak juga mempunyai tugas dan kewajiban dalam peranannya sebagai seorang anak. Hal ini berlaku relatif dan berbeda-beda dalam setiap keluarga. Ada anak yang bertugas mengerjakan pekerjaan rumah tangga, menjaga adik, bahkan ikut turut membantu pekerjaan orang tuanya. Tugas seperti ini dapat menyita waktu dan jika tidak diatur dengan baik dapat mengganggu waktu belajar.

Selain tugas dan kewajiban, seorang anak (pelajar) juga memiliki hak untuk beristirahat, bermain, dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Hal in penting untuk menjaga kesehatan emosinya. Setelah beristirahat, umumnya pikiran akan terasa lebih tenang sehingga seseorang dapat kembali beraktivitas dengan baik. Hal ini dapat memberi hasil yang lebih maksimal jika dibandingkan dengan melakukan satu pekerjaan secara terus-menerus tanpa henti.2

Pelajar yang mampu, me-manage waktu belajarnya, membagi, disiplin, dan konsisten menjalankannya maka aktivitas belajarnya akan lebih fokus, produktif, sederhana dan mudah.3

Dalam melakukan manajemen waktu belajar, pelajar perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut4 :

 

a. Buat Jadwal Harian

Mengatur waktu belajar dapat dilakukan dengan cara membuat jadwal harian. Jadwal yang tepat akan membuat kegiatan lebih terorganisasi, sehingga kegiatan dari bangun hingga tidur lagi menjadi lebih berarti.  

b. Kontrol Diri

Bermain game atau melakukan hal menyenangkan bukan sesuatu yang dilarang, justru dianjurkan untuk mengurangi tingkat stres dalam diri. Namun tentunya harus paham bahwa semua ada batasannya. Apapun jika dilakukan berlebihan tidak akan baik, apalagi sesuatu yang bukan prioritas. Oleh karena itu, diperlukan kontrol terhadap diri sendiri agar waktu tidak terbuang percuma.

 

c. Tentukan Prioritas

Untuk mengatur waktu belajar, harus ada skala prioritas. Jadikan yang terpenting sebagai peringkat teratas yang harus dikerjakan lebih dulu, salah satunya adalah belajar. Dengan begitu, Anda akan terbiasa mengutamakan belajar daripada hal lain.

 

d. Hindari Menunda Pekerjaan

Sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan mencicil. Setidaknya paksa diri Anda untuk melakukan pekerjaan itu 10 menit setiap harinya. Semakin hari tambah porsi waktu menjadi lebih banyak. Dengan begitu, alam bawah sadar akan terbiasa mengerjakan tugas yang tidak Anda sukai.

 

e. Tak Perlu Sempurna

Untuk langkah awal, tidak perlu hasil yang sempurna. Yang terpenting adalah lakukan secara rutin setiap hari. Perlahan, Anda akan terbiasa dan tugas atau setiap yang dilakukan akan semakin baik.

 

f. Disiplin dan Konsisten

Selalu disiplin dan konsisten terhadap aturan dan jadwal yang telah dibuat. Diperlukan komitmen yang kuat untuk memulainya. Jangan melanggar, meskipun hanya sekali. Karena sekali saja melanggar, Anda akan ketagihan dan melakukannya berualang-ulang.

 

g. Tidur 7-8 Jam Sehari (istirahat)

Istirahat yang cukup akan membantu Anda belajar secara efektif dan efisien.  Jangan sepelekan hal ini, karena jika Anda belajar dalam kondisi mengantuk tentu belajar akan jadi percuma. Pelajaran tidak akan diserap baik dalam kondisi otak yang cukup. Jadi, biasakan tidur setidaknya 7-8 jam sehari.

 

2. Cara belajar agar efektif dan efisien

Pengaturan waktu belajar merupakan bagian dari cara belajar agar efektif dan efisien, namun pada bahasan ini lebih mengarah pada bagaimana teknik seorang pelajar agar materi yang dipelajarinya tersebut dapat diterima dan disimpan oleh otak. Adapun teknik/cara yang dimaksud sebagai berikut 4 :

 

a. Olahraga

Terdapat beberapa aktivitas yang telah terbukti dapat mengembangkan kemampuan otakmu seperti berolahraga, meditasi rutin, ataupun berdiskusi dengan teman-teman kamu. Hal-hal tersebut bertujuan merangsang pembentukan neuron-neuron baru di dalam otak.5

Kenyataannya, secara kimia, peredaran darah dan berbagai hormon yang muncul setelah berolahraga sangat bermanfaat terhadap pola pembelajaran. Hormon seperti dopamin, serotonin, dan norepinephrine, yang berpengaruh terhadap “kebahagiaan” kita muncul. Pikiran jadi fresh, dan materi belajar jadi gampang masuk.

Inget, ya, olahraganya yang santai aja. Seperti berenang, joget, atau jogging di pagi hari sebelum kamu berangkat sekolah. Tidak usah olahraga yang aneh-aneh.

 

b. Belajar Singkat.

Sebenarnya, cara belajar yang efektif adalah dengan belajar singkat. Maksud dari belajar singkat adalah belajar dengan batas waktu pendek-pendek. Hal ini, untuk menghindari keram otak.

Keram otak adalah momen di mana “otak kita sudah tidak mampu menampung informasi tambahan untuk mengingat”. Saking banyaknya kamu ngasih rumus dan konsep baru ke otak, otak kamu justru jadi makin sulit menangkapnya. Lalu kamu stres. Lalu kamu harus begadang lagi. Ingatan jangka panjang kamu jadi lemah. Alhasil, sekarang belajar, minggu depan udah lupa lagi.

 

c. Gunakan Teknik belajar “Pomodoro”

Atur timer selama 25 menit untuk waktu belajar. Kemudian ketika timer berbunyi, gunakan waktu 5 menit untuk break atau istirahat agar pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Pemberian jeda tersebut juga dapat memberikanmu motivasi supaya tidak bosan dan jenuh dalam belajar. Setelah 5 menit beristirahat, set kembali timer selama 25 menit kembali dan mulai belajar kembali dan seterusnya.

Jangka waktu 25 menit adalah waktu yang pas, yang juga digunakan oleh Toru Kumon, dan metodenya dalam mengajari anaknya sewaktu SD. Pada tahun 1950-an, istri Toru menyuruh suaminya untuk mengajari anaknya, yang kelas 2 SD untuk belajar matematika.

Setelah berbagai trial and error, Toru menemukan formula belajar yang pas: dia menyuruh anaknya mengerjakan latihan 30 menit setiap harinya. Dan semakin lama, soal yang muncul semakin susah dan mengarah ke materi lain yang tingkatannya lebih tinggi.

 

d. Perbanyak latihan soal, dibandingkan membaca materi

Penelitian yang dilakukan Universitas Washington pada tahun 2010. Kenyataannya, belajar dengan mengerjakan latihan jauh lebih efektif dibandingkan belajar dengan baca materi doang.

Jika kamu sudah merasa cukup menguasai materi, coba lanjut dengan latihan yang tingkat kesulitannya terus bertambah. Sejatinya, berlatih dengan soal yang semakin lama makin susah, jauh meningkatkan skill kita akan materi itu, dibandingkan dengan mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan yang sama.

Tapi ingat, meskipun begitu, tingkat kesulitan soalnya harus bertahap. Jangan lagi belajar materi dasar, tahu-tahu langsung ngerjain soal TES UJIAN CPNS.

 

e. Belajar dengan Menyenangkan Namun Serius

Sebuah studi sains modern mengatakan bahwa belajar dengan menyenangkan/fun akan mempercepat kamu memahami dan mengingat suatu hal. Oleh sebab itu, Energi positif sangat penting dalam proses belajarmu.5

Salah satu contohnya belajar sambil mendengar musik.

Kalau kamu buka Youtube atau Spotify lalu ketik “music for study” pasti langsung muncul berbagai playlist untuk menemani belajar. Hal ini karena musik sejatinya berpengaruh terhadap mood kita. Sering, kan, kamu gak galau, tapi pas dengerin musik sedih langsung kebawa sedih?

Nah, carilah musik yang dapat meningkatkan mood kamu sehingga jadi semangat dan santai. Musik-musik seperti ini, akan mengeluarkan hormon dopamin yang membuat kamu jadi bahagia. Alhasil, kegiatan belajar nggak akan terasa stres.

 

f. Menggunakan Teknik belajar Feynman

Kalau kamu adalah tipe orang yang suka belajar sambil berinteraksi dengan orang lain, cobain, deh, cara belajar Feynman. Berbeda dengan pomodoro yang mengatur jendela waktu belajar, Feynman merupakan teknik dengan cara “praktek”. Ada 4 tahapan dalam siklus Feynman yaitu (1) pilih sebuah topik/materi, (2) ajarkan topik tersebut dengan bahasa yang sederhana ke orang awam, (3) cek bagian mana yang masig “gap” penjelasan dan fikiranmu, (4) Pelajari bagian itu, dan ulangi tahapannya.

Misalnya, kamu ingin menguasai topik limit trigonometri. Pertama, kamu coba pelajari topik tersebut. Setelahnya, ajak teman kamu yang awam, dan coba jelaskan dengan bahasa yang sederhana dan ringkas tentang materi yang kamu pelajari.

Semakin orang itu paham dengan penjelasan kamu, tandanya kamu sudah menguasai konsep tersebut dengan baik.

 

g. Waktu tidur yang cukup.

Terakhir, pastikan kamu punya waktu tidur yang cukup. Ketika bangun di pagi hari, gelombang alfa di otak akan menjadi sangat aktif. Gelombang ini yang membantu otak kamu untuk bisa menyerap informasi baru. Makanya, pelajaran di pagi hari terasa lebih enak dan gampang diserap, dibandingkan pelajaran yang berlangsung di siang hari menjelang istirahat. Hati-hati, terlalu capek karena begadang malah bisa bikin kamu ketindihan setan, lho!

 

h. Selesaikan Hal Sulit Lebih Dulu. 5

Menyelesaikan hal yang sulit terlebih dahulu setiap harinya adalah tips berikutnya. Ketika kamu telah menyelesaikan hal lebih susah, perasaanmu akan menjadi lebih baik dan percaya diri pada hari tersebut. Selain itu, kamu akan termotivasi untuk menyelesaikan hal-hal lain yang relatif lebih mudah.

 

3. Internet untuk belajar

Jika telah mengatur waktu belajar, kemudian menggunakan bermacam teknik atau cara belajar. Nah, sekarang untuk memperkaya khazanah informasi dan pengetahuan, kita dapat memanfaat teknologi internet. Makanya, itulah penyebab bahwa banyak orang bilang “apa yang kamu ingin ketahui carilah diinternet.”

Bentuk informasi atau pengetahuan yang dapat kamu cari melalui internet sangatlah banyak, seperti Teks/full-text, Indeks/abstrak, Suara/lagu, Gambar/foto/image, Perangkat lunak, Video, film Game, Animasi, Data statistik, Formula/paten, Katalog perpustakaan, Katalog produk, dan Berita. 6

Namun, sangat penting untuk diperhatikan ketika memanfaatkan internet sebagai pendukung sumber belajar, pelajar harus konsisten terhadap tujuan menggunakan internet itu sendiri, sehingga dapat terhindar dari dampak negatif internet.

Nah, oleh karena itu, berikut tips dan cara bijak menggunakan internet sebagai media belajar siswa yang efektif dan efisien. 7

 

a. Mencari E Book

Berbeda dengan jaman dahulu di mana sumber referensi belajar hanya diambil dari buku atau karya ilmiah yang sudah tercetak, kini terdapat beragam media yang dapat anda jumpai di internet. Salah satu yang dapat anda cari adalah E Book.

E Book ini dirasa lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan buku konvensional pada umumya. Mengapa demikian? Karena biasanya e book memiliki harga yang lebih murah dibandingkan buku yang telah tercetak. Tak jarang pula e book tersebut dapat anda peroleh secara gratis alias Cuma-Cuma.

 

b. Latihan Soal Online

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk mengasah ilmu dan kemampuan kita dalam sebuah bidang diperlukan sebuah latihan. Tak hanya dari buku atau LKS, latihan soal ini juga dapat anda cari di internet. Bahkan pada akhir kuis juga dilengkapi dengan hasil dan pembahasan jawaban.

Selain itu, soal-soal yang diberikan pun dirasa lebih up to date dan menyesuaiakan dengan perkembangan jaman.

 

c. Artikel dan Karya Ilmiah Online

Satu hal lagi yang dapat anda peroleh dari internet yaitu artikel dan karya ilmiah yang bebas biaya untuk dibaca dan dipelajari. Salah satu website yang menyediakan artikel dari berbagai pelajaran adalah edmodo.id. tenang saja di sana anda dapat membaca sepuasnya tanpa ditarik biaya sepeser pun. Dan masih banyak lagi website yang dapat pelajar manfaatkan untuk menambah pengetahuan.

 

Semoga Bermanfaat. Terima Kasih

 

Penulis : Hafrizani, S.Pd (Guru BK SMPN 6 Kota Jambi)

Email : hafrizani.krc89@gmail.com

Instagram : hafrizani

Youtube : hafrizani

 

Sumber Bacaan :

  1. Anonim. 2017. http://repository.uin-suska.ac.id/19384/7/7.%20BAB%20II_2017993KI.pdf
  2. Setiorini, Retno Asihanti.(...?). Mengatur Waktu, Bukan Diatur Waktu. https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampil/Mengatur-Waktu-31/konten2.html
  3. Anonim. 2020. 10 Manfaat Utama Manajemen Waktu. http://manajemen.uma.ac.id/ 2020/11/10-manfaat-utama-manajemen-waktu/
  4. Kresnoadi. 2019. Jangan Sampai Salah, Ini Cara Belajar yang Efektif Menurut Penelitian. https://www.ruangguru.com/blog/cara-belajar-efektif
  5. Saputra, Rendra. 2021. 3 Cara Belajar Efektif Paling Ampuh! – Para Ahli Neurosains. https://www.akupaham.com/cara-belajar-efektif/
  6. Purwono. (...?). Strategi Penelusuran Informasi Melalui Internet. http://eprints.rclis.org/12193/1/Strategi_Penelusuran_melalui_Internet.pdf
  7. Ferdiansyah, Fery. 2020.  Cara Bijak Menggunakan Internet Sebagai Media Belajar Siswa. https://selamanya.id/cara-bijak-menggunakan-internet-sebagai-media-belajar-siswa/
  8. Sumber gambar : google.com




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : ipuqibelo -  [oouzoom@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 22/06/2022
http://slkjfdf.net/ - Isabihoo <a href="http://slkjfdf.net/">Ecjuwiu</a> ect.jzmf.smpn6kotajambi.sch.id.ekk.me http://slkjfdf.net/

Pengirim : ubupugeya -  [ohuosda@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 22/06/2022
http://slkjfdf.net/ - Owzutho <a href="http://slkjfdf.net/">Osiduwoa</a> hdg.gise.smpn6kotajambi.sch.id.rkd.vi http://slkjfdf.net/

Pengirim : uwevuyowumt -  [evahadmit@odadu.fodiscomail.com]  Tanggal : 22/06/2022
http://slkjfdf.net/ - Esugikot <a href="http://slkjfdf.net/">Iniuyanof</a> oqq.zrcx.smpn6kotajambi.sch.id.yue.vb http://slkjfdf.net/

Pengirim : itoziuhataevi -  [azalesab@odadu.fodiscomail.com]  Tanggal : 22/06/2022
http://slkjfdf.net/ - Uvuzocaaf <a href="http://slkjfdf.net/">Ihixaqowu</a> rnx.xgyy.smpn6kotajambi.sch.id.onl.uf http://slkjfdf.net/

Pengirim : ofopopnotc -  [uredageq@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 22/06/2022
http://slkjfdf.net/ - Olodacidu <a href="http://slkjfdf.net/">Amibwa</a> ibt.xizp.smpn6kotajambi.sch.id.fkl.wy http://slkjfdf.net/

Pengirim : atimilebefuvu -  [netizvifu@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 22/06/2022
http://slkjfdf.net/ - Amerox <a href="http://slkjfdf.net/">Uyaxyo</a> vfr.lpmy.smpn6kotajambi.sch.id.qol.fi http://slkjfdf.net/

Pengirim : ovohice -  [eserapitu@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 22/06/2022
[url=http://slkjfdf.net/]Uqubecz[/url] <a href="http://slkjfdf.net/">Uhifuko</a> nhi.fcqn.smpn6kotajambi.sch.id.idv.ou http://slkjfdf.net/

Pengirim : anesaqo -  [iqibine@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 04/12/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Oraganolo</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Qininxi</a> yqz.vucf.smpn6kotajambi.sch.id.qaa.zg http://slkjfdf.net/

Pengirim : oboqecax -  [iquanoq@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 04/12/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Ubaxol</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Owadum</a> vck.crse.smpn6kotajambi.sch.id.mzv.ia http://slkjfdf.net/

Pengirim : alosorole -  [aqimip@iupes.fodiscomail.com]  Tanggal : 02/12/2021
http://slkjfdf.net/ - Anfevikqe <a href="http://slkjfdf.net/">Owehujuhe</a> kii.ekyq.smpn6kotajambi.sch.id.qyl.jy http://slkjfdf.net/

Pengirim : alosorole -  [aqimip@iupes.fodiscomail.com]  Tanggal : 02/12/2021
http://slkjfdf.net/ - Anfevikqe <a href="http://slkjfdf.net/">Owehujuhe</a> kii.ekyq.smpn6kotajambi.sch.id.qyl.jy http://slkjfdf.net/

Pengirim : olagovexuj -  [ubihuy@enaux.fodiscomail.com]  Tanggal : 25/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Oqeoax <a href="http://slkjfdf.net/">Iyowijone</a> ori.pphy.smpn6kotajambi.sch.id.gli.pr http://slkjfdf.net/

Pengirim : ifehoanetigaj -  [aduvalel@enaux.fodiscomail.com]  Tanggal : 25/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Iyotakuyi <a href="http://slkjfdf.net/">Uvafas</a> wkm.tcyp.smpn6kotajambi.sch.id.isx.ea http://slkjfdf.net/

Pengirim : eveecuato -  [ufuxihi@enaux.fodiscomail.com]  Tanggal : 25/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Kaovefa <a href="http://slkjfdf.net/">Ibisen</a> qqq.laws.smpn6kotajambi.sch.id.hzw.el http://slkjfdf.net/

Pengirim : oqekebozip -  [exiyoqeg@enaux.fodiscomail.com]  Tanggal : 25/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Oikvab <a href="http://slkjfdf.net/">Ikaradiku</a> xdr.nxhj.smpn6kotajambi.sch.id.tco.mo http://slkjfdf.net/


   Kembali ke Atas